Sebenarnya kalau boleh jujur passionku lebih ke dunia jurnalisme, kenapa? karena saya suka menulis. walaupun masih sangat minim pengalaman tetapi aku sadar banget apa passionku. setelah mengeluarkan novel pertamaku di Nulisbuku.com, aku semakin mencintai dunia menulis, rasanya itu seperti menuangkan pikiran, khayalan, ilusi kedalam serangkaian kalimat. tetapi sebelum itu kita kenal dulu yuk apa itu copywriter
ini ada FAQ tentang copywriter yang aku ambil dari Enda Nasution's blog http://enda.goblogmedia.com/pages/copywriter-faq-apa-itu-copywriter.html
Frequently Asked Questions tentang Copywriter oleh Enda Nasution
FAQ dibawah ini hadir karena rupanya
masih sedikit informasi yang ada tentang profesi Copywriter dan apa
kerjanya. Dan supaya tidak usah berulang-ulang mencoba menerangkan,
lahirlah FAQ ini yang mudah-mudahan bisa menjawab sedikit pertanyaan2x dan keingintahuan ttg Copywriter. Enjoy.
Q: Copywriter tuh yang harus bikin kopi atau tukang fotocopy ya?
A: Hehe.. funny but NOT, try again. Itu mungkin Coffee Maker bukan Copywriter.
Q: Copyrighter tuh yang bekerja ngebuat Copyright ya? Hak Cipta?
A: Parahh, kedengerannya mungkin sama tapi nulisnya beda, dan perasaan ga ada tuh yang namanya Copyrighter.
Q: Copywriter itu apa sih kak?
A: Copywriter adalah seseorang yang menulis Copy.
Q: Apakah Copy itu?
A: Berbeda dari arti yang biasa kita tahu, Copy itu ga selalu berarti
menduplikasi sesuatu. Copy dalam bahasa inggris juga berarti juga
hal-hal yg ditulis oleh jurnalis, novelis dan para penulis lainnya. Copy
juga berati kata-kata yang kita temukan dalam iklan. Secara umum Copy
berarti tulisan-tulisan kali yee. Macemnya bisa banyak bisa ada di iklan
cetak, dialog di iklan TV, di brosur,
leaflet, website, buku, spanduk. Pokoknya banyak. Tapi Copy rasanya
lebih deket ke dunia promosi daripada tulisan di koran atau di buku
kayaknya.
Q: Copywriter bekerja dimana?
A: Copywriter bisa kerja dimana aja di bidang kerja yang butuh copy. Graphic House misalnya yang nerima bikin Company Profile, atau Brochure atau apa gitu yang butuh copy pasti butuh Copywriter.
Web Design company juga butuh buat ngisi content dari websitenya.
Advertising Agency terutama adalah tempat paling common dimana
seorang Copywriter bermukim sih sebenernya. Dalam sebuah Advertising
Agency seorang Copywriter adalah bagian dari Divisi Kreatif agency itu
dimana biasanya terbagi dari tim-tim lagi, yang mana tim tersebut
biasanya terdiri dari seorang Copywriter dan seorang Art Director.
Q: Apa yang dikerjakan Copywriter?
A: Pada intinya tentu menulis Copy yang dibutuhkan materi yang bakal
diproduksi. Tapi agak lain untuk Copywriter yang bekerja di Advertising
Agency. Copywriter yang bekerja di Advertising Agency bukan saja sekedar
harus bisa menulis Copy, tapi juga perlu bisa melakukan hal-hal yang
lain.
Pertama sebagai bagian dari tim kreatif, dia bersama partnernya sang Art Director harus sama-sama bisa MENTERJEMAHKAN brief dari bagian Account / Client Service
yang isinya biasanya informasi tentang produk atau jasa yang hendak
diiklankan, strategi dan jalan yang hendak ditempuh dan pesan yang
hendak disampaikan pada publik. Tentu aja brief yg lengkap mencantumkan
segala INFORMASI ttg produk/jasa tersebut, seperti PUBLIK SEPERTI APA yang hendak dicapai, KARAKTER seperti apa yang ingin terlihat dari produk/jasa itu, apa yang dilakukan oleh KOMPETITOR dalam bidang yang sama dan apa yang telah dilakukan juga oleh si produk/jasa itu selama ini dll lagi.
Jadi bersama partnernya, sang Art Director, Copywriter perlu duduk
bareng, melakukan brainstorming mengenai apa yang bisa mereka lakukan
untuk produk/jasa tadi. Menentukan secara strategis pesan seperti apa
yang efektif untuk meraih target publik yang diinginkan, dampak apa yang
diinginkan terjadi, menemukan IDE BESAR apa
yang hendak dikemukakan dalam iklan tersebut, gimana gayanya, tone and
manner-nya sampai akhirnya biasanya terbuatlah beberapa alternatif yang
bisa ditunjukkan pada klien.
Klien kemudian memilih dari alternatif tersebut untuk diproduksi lalu
sang Copywriter dan Art Director memastikan dengan segala cara agar
alternatif yang sudah dipilih itu bisa sampai ke targetnya, apakah itu
media cetak, televis, radio hingga media2x below the line seperti
billboard, spanduk, poster, dll.
Tentu aja dalam seluruh proses itu ga cuma berdua Copywriter dan Art
Director, tapi juga biasanya di supervise oleh tim leadernya yang
mungkin seorang Creative Group Head, Associate Creative Director atau
Creative Director. Dan jangan lupain juga temen-temen dari Divisi
Account Service, biasanya ada Account Executive, Account Manager dan
Account Director. Intinya hasil akhir iklan yang muncul adalah hasil
kerja tim account itu biasanya.
Q: Apa yang menjadi tanggung jawab seorang Copywriter?
A: Bersama partnernya, Art Director, tentu aja nemuin ide iklannya, mau
ngomong apa, pesannya ttg apa. Untuk Iklan Cetak biasanya sama2x diskusi
nentuin gambarnya seperti apa dan tulisannya apa. Tulisan di iklan
cetak ini yang umum ada tulisan besarnya atau Headline dan tulisan
lainnya yang biasanya disebut Body Copy. Copywriter lah yang tanggung
jawab nulis ini. Untuk iklan TV biasanya diskusi nentuin ceritanya
gimana, lalu Copywriter bisa nulis beberapa Storyline dari hasil diskusi
itu yang kemudian dijadikan Storyboard untuk dipresentasiin ke klien.
Dialog dalam iklan TV ini tanggung jawab si Copywriter juga. Trus untuk
hal-hal lain seperti tagline atau semboyan dari produk/jasa itu juga
Copywriter yang harusnya lebih banyak berperan walau tidak menutup
kemungkinan siapa saja bisa menyumbang ide. Kalau agency-nya dilibatkan
dari awal, seringkali Copywriter juga dituntut memberikan nama buat
produk/jasanya yang pas dengan target yang dituju dan karakter yang
diinginkan. Untuk Iklan Radio udah jelas skripnya Copywriter juga yang
buat dan biasanya sekalian supervise juga produksinya yang berarti juga
memilih pengisi suara (voice talent) yang cocok dengan skripnya.
Untuk iklan TV bersama Art Director dan seluruh team biasanya
terlibat pada setiap proses, dari pemilihan rumah produksi, sutradara,
model/talent iklannya, wardrobe, sampe shootingnya biasanya ikut
supervise juga, dan proses pasca produksinya juga. Editing, offline dan
online. Untuk Copywriter entah kenapa seringkali ditanggungjawabi juga
untuk masalah musik dari iklan TV itu kalo pake. Atau untuk buat jingle
juga masih dalam lingkup tanggungjawabnya. Untuk beberapa kasus bahkan
buat syair lagunya juga sekalian.
Q: Kalo tanggung jawab Art Director apa?
A: Lho ini kan FAQ ttg Copywriter, kok ada
pertanyaan tentang Art Director sih? :) hehehek, ya sebagian kan udah
gue ceritain ya diatas, tapi intinya Art Director tanggung jawab ama
"art" nya sama estetikanya. Kebanyakan ya visualnya, kalo iklan cetak
Art Director yang me-lay-out nya, ngerancang logo kadang-kadang, untuk
iklan tv mereka yang supervise editing, grading warna, penambahan efek
dan macem-macem lagi. Sedang pada proses presentasi ke klien Art
Director juga membuat Storyboard, minimal corat-coret dan ngasih brief
ke ilustrator/visualizer. Udah ah, ini kan FAQ ttg Copywriter :).
Q: Siapa aja yang bisa jadi Copywriter?
A: Siapa aja dengan jiwa sedikit ngaco :), punya wawasan luas, kreatif
buat making up ide-ide baru dan bisa nulis kayaknya sih bisa. Apalagi
kalo suka baca, suka musik dan suka film karena hal-hal tersebut suka
nyambung satu sama lain. Kalo kamu suka merhatiin iklan tentu aja
ngebantu banget. Dan, gue sih curiganya, walo gue ga pasti :) kamu juga
harus punya selera yang bagus :). Dan yang udah pasti lagi kamu harus
bisa kerja sama dengan anggota tim kamu dan bisa berkomunikasi lancar,
gimanapun juga kalo kamu jadi seorang Copywriter kamu kan berarti berada
di industri komunikasi.
Kalo ada temen kamu yang kayaknya suka sama kalimat-kalimat kamu udah
ada tanda2x tuh berarti! :) Berarti minimal kamu bisa menkomposisikan
rangkaian kata yang menggerakkan orang yang bacanya. Oya, akan sangat
ngebantu banget lagi kalo kamu suka kata-kata tentunya.
Q: Apa yang dibutuhkan buat jadi Copywriter?
A: Kayaknya sih seorang Copywriter butuh a little bit of everything.
Kamu perlu ngerti dasar-dasar pemasaran, strategic thinking juga, kamu
mungkin punya jiwa seniman juga sedikit tapi kamu perlu bisa berpikir
secara terstruktur juga buat melalui proses pencarian ide, nentuin
konsep. Kamu juga perlu percaya diri banyak2x hehehe.. buat ngomongin
ide kamu tanpa takut disebut garing misalnya, buat ngomong jelek kalo
emang jelek dan bagus kalo emang bagus, buat ngomong suka kalo emang
suka dan ngomong ya lumayaannn lah kalo emang ga suka. :) Kamu juga
butuh kemampuan bahasa asing juga. Intinya yang udah pasti kamu perlu
kreatif, kamu perlu bisa nulis, kamu ga keberatan kerja jadi ujung
tombak kapitalisme ;) dan kamu juga berani bikin sesuatu yang baru. Ini
semua kayaknya kali yeeeee... :D
Q: Gimana cara jadi Copywriter?
A: Buat saat ini blom ada sekolah khususnya yang lumayan ternama.
Kecuali di luar negri kali ye dimana advertising udah jadi industri gede
sendiri. Kalo kamu sarjana komunikasi kamu punya modal tuh, kalo kamu
lulusan sastra juga. Tapi terus terang tiap orang ga peduli latar
belakang pendidikannya, kalo emang suka, bisa, mampu dan good at it udah
pasti bisa coba, yang perlu dilakukan tentu tinggal ngeyakinin orang yg
bakal ngehire kamu aja jadi Copywriter. Caranya gimana? Ngelamar ke
Advertising Agency yang butuh Copywriter, dan yakinin bahwa emang kamu
punya semua kualitas itu. Itu yang gue kerjain dulu pas ngelamar..
hehe.. jujurnya sih nembak, kebeneran yg dicari emang ga perlu pake
pengalaman tapi perlu bisa belajar cepet. Wohohohooo tentu aja cepet gue
sih kalo belajar hal yang baru.
Cari iklan lowongan kerja buat Copywriter di Kompas, atau di majalah
satu2xnya tentang dunia periklanan Cakram, atau di tabloid Marketing
suka ada juga atau juga ikutan milisnya orang2x iklan ttg iklan di Milis
Kritik-Iklan.
Q: Bagaimana masa depan profesi Copywriter?
A: Bagus sih kayaknya :) Ini karena menurut gue ga ada sekolah formalnya
jadi Copywriter termasuk mahluk langka yang banyak dicari. Ke depan,
kalo ekonominya makin bagus tentu makin banyak barang yang mau dijual ke
segini banyak orang di negri ini, makin banyak butuh Copywriter dan
saat ini ga ada banyak. Beda dengan Art Director yang dasarnya Desain
Visual Komunikasi yang udah ada sekolah ternamanya, jadi Copywriter
masih ga ada sekolah khususnya dan mungkin ga perlu? Ga tau juga.
Jenjang karirnya biasanya dari seorang Copywriter dia bisa jadi
Senior Copywriter, lalu mungkin bisa jadi punya jabatan manajerial, team
leader kayak Creative Group Head atau Associate Creative Director yang
membawahi beberapa team yang terdiri dari masing-masing Copywriter dan
Art Director. Dan tentu aja bisa juga jadi Creative Director di agency
itu atau mungkin bahkan bisa melarikan diri dari bidang kreatif dan jadi
kepala agency itu. Bisa juga. Tentu aja jadi jalur karir lain, yaitu
pindah ke sisi klien, sebagai orang yg punya pengalaman agency dan
ngerti marketing serta industrinya tentu dibutuhin juga ama klien2xnya.
Intinya, seorang Copywriter masa depannya bagus juga sih kayaknya :)
Q: Enak ga sih jadi Copywriter?
A: Hakhakhak.. lumayanlahhh. Kata gue sih enak. Dimana lagi dan kapan
lagi kamu dibayar buat duduk-duduk ngekhayal-khayal. mencetuskan ide-ide
yang ga mungkin di kehidupan nyata, dan setelah waktu yang ga berapa
lama (kadang2x lama juga lo, lama banget) ide kamu itu bisa diliat orang
banyak, dan kamu bisa bilang, eh itu gue lo yg bikin.. hehehekk..
Dan kalo kamu very good at it, kamu bisa juga menang awards buat
iklan2x yang kamu buat. Tapi intinya cocok2xan juga sih. Kalo kamu suka
suasana yang bebas, terbuka, cuek, lingkungan kreatiflah pokoknya dan
kamu ga suka kerjaan rutin yang terus2xan sama, kalo kamu suka belajar
hal yang baru terus, kalo kamu gampang bosen, the chance is, kamu bakal
cocok kerja di bidang kreatif, dan kalo kamu suka nulis, tambah cocok
deh kamu jadi seorang Copywriter.
Q: Siapa Copywriter Indonesia pertama yang tercatat sejarah?
A: Copywriter pertama Indonesia yang tercatat adalah Tirtoadisoeryo
alias Mingke, tokoh di Tetraloginya Pramoedya Ananta Toer. Periode
hidupnya dimana dia nulis "adpertensi" di koran-koran adalah di buku
yang ketiga, "Jejak Langkah".
Q: Copywriter bahasa Indonesianya apa ya?
A: Media dan banyak orang nerjemahinnya jadi penulis naskah. Terus
terang terjemahan ini meleset karena nyempitin artinya, walo mungkin
bener sih secara literal. Penulis Copy harusnya kali ya, tapi Copy
bahasa Indonesianya apa? hehe.. ga tau deh. Kalo tanya gue mending keep
Copywriter aja jangan diterjemahin.
Q: Film tentang Copywriter atau Advertising Agency ada ga?
A: Ada. Yang paling baru dan lumayanlah walau ga mencerminkan agency
banget tuh judulnya What Women Want keluaran tahun 2000 yang maen Mel
Gibson, sama tonton juga tahun 2001 Sweet November yang dibintangin sama
Keanu Reeves.
Q: Copywriter yang ngetop di dunia sapa ya?
A: Salah satunya David Ogilvy, dulunya Copywriter trus punya agency
sendiri yaitu, Ogilvy & Mather, yang sekarang jadi perusahaan
komunikasi multinasional, tempat gue kerja skrg ini :). Yang masih aktif
sekarang dan salah satu yang ngetop juga adalah Neil French dia
sekarang Creative Director Worldwide buat Ogilvy & Mather.
ah, masih punya mimpi buat jadi copywriter sebuah brand ternama, lalu bisa kerjain projectnya di NY. hey i can dream! :)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar